Pendaftaran Mahasiswa Baru – PMB UMSIDA

A. JALUR PENDAFTARAN

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun akademik 2019/2020 dilakukan secara online dibagi dalam 7 (tujuh) jalur masuk, yaitu:

1. JALUR BIDIKMISI PEMERINTAH

a) Pendaftaran online jalur Bidikmisi Pemerintah disediakan untuk calon mahasiswa baru lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2019 (fresh graduated) dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

b) Persyaratan dan prosesnya mengikuti ketentuan pemerintah.

c) Calon mahasiswa baru boleh memilih 2 program studi dari program studi yang tersedia sesuai dengan ketentuan pemerintah.

d) Dibuka pada gelombang II (Bebas biaya pendaftaran).

2. JALUR BIDIKMISI UMSIDA

a) Jalur Bidikmisi ditujukan untuk lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat lulusan tahun 2019 (fresh graduated) dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

b) Program Studi yang ditawarkan: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan IPA, Agroteknologi, dan Teknologi Hasil Pertanian.

c) Dibuka pada gelombang I dan II (Bebas biaya pendaftaran).

3. JALUR PRESTASI (tanpa test TPA)

a) Pendaftaran jalur prestasi hanya dibuka pada gelombang I.

b) Diperuntukkan siswa kelas XII T.A. 2018/2019 yang memiliki:

1) Nilai Raport dengan rata-rata semester 1 s.d 5 minimal 80.

2) Atau memiliki prestasi lomba/kejuaraan/olimpiade akademik dan non akademik minimal tingkat provinsi dalam waktu 3 tahun terakhir.

3) Atau Hafidz al-Qur’an minimal 2 juz.

4. JALUR REGULER

Pendaftaran jalur reguler dibuka untuk gelombang I, II, dan III.

5. JALUR MAHASISWA ASING

a. Jalur penerimaan mahasiswa asing mengikuti ketentuan yang berlaku.

b. Memiliki ijazah/sertifikat setara SMA atau S1 berbahasa internasional.

6. JALUR YATIM PIATU

a. Pendaftaran jalur yatim piatu dibuka untuk gelombang I, II, dan III.

b. Diperuntukkan bagi calon mahasiswa yatim piatu/ yatim/ piatu.

7. MAHASISWA TRANSFER DAN PINDAHAN

a. Mahasiswa transfer minimal ber-ijazah D3.

b. Mahasiswa pindahan maksimal semester 5 di perguruan tinggi asal.

c. Akreditasi program studi perguruan tinggi asal minimal setara dengan akreditasi program studi di UMSIDA.

d. Biaya konversi mata kuliah Rp50.000,-/mata kuliah.

 

B. WAKTU PENDAFTARAN

C. PERSYARATAN PENDAFTARAN

1. JALUR BIDIKMISI PEMERINTAH

a) Mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap dan benar, dilampiri:

1) Lulusan SMA/SMK/MA Tahun 2019 dan 2018;

2) Melakukan pendaftaran online ke bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id dengan pilihan Mandiri PTS;

3) Cetak Kartu Peserta Bidikmisi;

4) Cetak Folmulir Pendaftaran Bidikmisi;

5) Mempunyai Prestasi di SMA/SMK/MA dibuktikan dengan fotocopy sertifikat;

6) Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau Surat Keterangan Lulus (bagi yang belum keluar ijazahnya) yang dilegalisir kepala sekolah masing-masing 2 lembar;

7) Fotokopi nilai raport kelas X s.d. XII semester 1 s.d. semester 5 yang dilegalisir kepala sekolah, masing – masing 1 lembar;

8) Fotokopi kartu keluarga;

9) Fotokopi KTP;

10) Surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan (SKTM) asli;

11) Fotokopi rekening listrik dan PBB;

12) Foto Bersama keluarga di depan rumah ukuran 3R;

13) Foto ukuran rumah dari depan ukuran 3R;

14) Foto ruang tamu ukuran 3R;

15) Pas Foto ukuran 4×6 berwarna (background biri, ber-jas, wajib berhijab untuk mahasiswi muslim, wajib berdasi untuk putra) sebanyak 3 lembar;

16) Surat keterangan sehat;

17) Surat rekomendasi dari pimpinan Cabang/Daerah/Wilayah Persyarikatan Muhammadiyah di wilayah Jawa Timur.

2) Mengirimkan berkas pendaftaran via pos dengan menuliskan JALUR BIDIKMISI PEMERINTAH di pojok kanan atas atau menyerahkan langsung ke Kantor PMB Kampus I UMSIDA, Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo, Kode pos: 61215, Telp. (031) 8945444 ext. 143.

2. JALUR BIDIKMISI UMSIDA

a) Mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap dan benar, dilampiri:

1) Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau Surat Keterangan Lulus (bagi yang belum keluar ijazahnya) yang dilegalisir kepala sekolah masing-masing 1 lembar;

2) Surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan;

3) Fotokopi rekening listrik dan PBB;

4) Fotokopi Kartu Keluarga;

5) Foto bersama keluarga di depan rumah;

6) Surat rekomendasi dari Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah (khusus untuk bidikmisi UMSIDA).

b) Mengirimkan berkas pendaftaran via pos dengan menuliskan JALUR BIDIKMISI UMSIDA di pojok kanan atas atau menyerahkan langsung ke Kantor PMB Kampus I UMSIDA, Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo, Kode pos: 61215, Telp. (031) 8945444 ext. 143.

3. JALUR PRESTASI

a) Mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap dan benar, dilampiri:

1) Fotokopi rapor SMA/SMK/MA kelas Xd. XII semester 1 s.d. 5 yang dilegalisir kepala sekolah, masing-masing 1 lembar;

2) Fotokopi sertifikat/piagam prestasi lomba kejuaraan/olimpiade 3 tahun terakhir yang dilegalisir kepala sekolah;

b) Membayar biaya pendaftaran 350.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah);

c) Mengirimkan berkas pendaftaran via pos dengan menuliskan JALUR PRESTASI di pojok kanan atas atau menyerahkan langsung ke Kantor PMB Kampus I UMSIDA, Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo, Kode pos: 61215, Telp. (031) 8945444 ext. 143.

4. JALUR REGULER

a) Mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap dan benar, dilampiri Fotokopi ijazah S1 atau SMA/SMK/MA atau Surat Keterangan Lulus (bagi yang belum keluar ijazahnya) yang dilegalisir kepala sekolah, masing-masing 1 lembar;

b) Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan gelombangnya;

c) Mengirimkan berkas pendaftaran via pos dengan menuliskan JALUR REGULER di pojok kanan atas atau menyerahkan langsung ke Kantor PMB Kampus I UMSIDA, Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo, Kode pos: 61215, Telp. (031) 8945444 ext. 143.

5. JALUR YATIM PIATU

a) Mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap dan benar, dilampiri:

1) Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau Surat Keterangan Lulus (bagi yang belum keluar ijazahnya) yang dilegalisir kepala sekolah masing-masing 1 lembar;

2) Fotokopi Kartu Keluarga;

3) Surat keterangan kematian;

4) Surat rekomendasi dari Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah (khusus untuk bidikmisi UMSIDA).

b) Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan gelombangnya;

c) Mengirimkan berkas pendaftaran via pos dengan menuliskan JALUR REGULER di pojok kanan atas atau menyerahkan langsung ke Kantor PMB Kampus I UMSIDA, Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo, Kode pos: 61215, Telp. (031) 8945444 ext. 143.

6. JALUR MAHASISWA ASING

a) Mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap dan benar, dilampiri Fotokopi ijazah/sertifikat setara SMA atau s1 berbahasa internasional;

b) Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan gelombangnya;

c) Mengirimkan berkas pendaftaran via pos dengan menuliskan JALUR REGULER di pojok kanan atas atau menyerahkan langsung ke Kantor PMB Kampus I UMSIDA, Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo, Kode pos: 61215, Telp. (031) 8945444 ext. 143.

7. JALUR TRANSFER DAN PINDAHAN

a) Mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap dan benar, dilampiri :

1) Fotokopi Ijasah D3 dan transkrip nilai dilegalisir 2 lembar (jalur transfer);

2) Surat Keterangan Pindah Kuliah dari Perguruan Tinggi asal (jalur pindahan);

3) Surat Keterangan/sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi asal;

4) Print Out data diri dalam laman forlap.dikti.go.id

b) Melaksanakan konversi mata kuliah pada program studi tujuan;

c) Melunasi biaya pendaftaran konversi mata kuliah sebagaimana yang ditetapkan;

 

C. ALUR PENDAFTARAN

1. Calon mahasiswa baru melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar secara online di website pmb.umsida.ac.id, selanjutnya klik menu pendaftaran online. Klik buat akun, simpan dan cetak nomor pembayaran dan password yang tertera. (nomor pembayaran digunakan untuk seterusnya).

2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran untuk mengaktifkan akun (username dan password). Pembayaran dapat dilakukan di:

a. Teller/ATM Bank Mandiri Syariah dan BNI;
b. ATM Bersama/ Prima (kecuali ATM BCA);

3. Membuka kembali web pmb.umsida.ac.id, klik menu pendaftaran online, login dengan username dan password yang didapat pada saat membuat akun, isi formulir pendaftaran.

4. Mencetak formulir pendaftaran dan kartu tes.

5. Calon mahasiswa baru mengikuti Tes TPA secara online. (jadwal tes dapat dilihat di web pmb.umsida.ac.id). Khusus pendaftar FIKES, selain Tes TPA, mengikuti tes kesehatan dan wawancara.

Alur pendaftaran bisa lihat disini

D. HERREGISTRASI

1. Mahasiswa Baru yang dinyatakan DITERIMA Wajib Melakukan Proses Daftar Ulang (Herregistrasi).

2. Jumlah biaya yang harus dibayar pada saat herregistrasi sesuai dengan program studi dan waktu kuliah yang dipilih melalui Teller/ATM Bank Syariah Mandiri, BNI atau ATM Bersama.

3. Calon mahasiswa baru melakukan daftar ulang secara online di web pmb.umsida.ac.id login dengan username dan password yang sama, klik menu herregistrasi, isi formulir herregistrasi dengan lengkap kemudian simpan dan cetak formulir herregistrasi.

4. Berkas yang diupload saat pengisian formulir herregistrasi

a. Scan Ijazah dan nilai SMA/SMK/MA sederajat untuk pendaftar Sarjana dan Diploma dalam bentuk pdf (maks. 500 kb)

b. Scan Ijazah dan Transkrip nilai S1 untuk pendaftar Pascasarjana dalam bentuk pdf (maks. 500 kb)

c. Scan KTP bentuk jpg (maks. 500 kb)

d. Pas foto 4×6 berwarna (background biru, ber-jas, wajib berjilbab untuk mahasiswi muslim, wajib berdasi untuk putra) maks. 500 kb (jpg)

5. Calon mahasiswa baru menyerahkan berkas persyaratan:

a. Formulir herregistrasi.

b. Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA sederajat dilegalisir 2 lembar khusus untuk pendaftar Sarjana Fakultas Agama Islam.

c. Fotokopi ijazah S1 dilegalisir 2 lembar khusus untuk pendaftar Sarjana Fakultas Agama Islam.

d. Surat Pernyataan Bebas Narkoba, Miras, Tindakan Kriminal, dan Asusila selama menjadi mahasiswa UMSIDA (download disini).

6. Setelah syarat dan proses dinyatakan lengkap, maka calon mahasiswa baru mendapatkan NIM, KTM sementara, Kaos, dan Jas Almamater, sebagai tanda resmi menjadi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Alur herregistrasi bisa lihat disini

Biaya pendidikan bisa lihat disini

E. PROGRAM BEASISWA

1. Bidikmisi Pemerintah, bagi siswa-siswi berprestrasi dari keluarga kurang mampu.

2. Bidikmisi Umsida, bagi siswa-siswi berprestasi dari keluarga kurang mampu pada program studi tertentu.

3. Prestasi, bagi siswa-siswi kelas XII T.A. 2018/2019 berprestasi akademik maupun non akademik.

4. Yatim Piatu, bagi siswa siswi dari keluarga yatim piatu, yatim, atau piatu.

5. Tahfidz al-Quran, Bagi siswa-siswi penghafal al-Qur’an.

Persyaratan beasiswa bisa dlihat disini

F. PENGUNDURAN DIRI

1. Pendaftar telah melakukan pembayaran lunas biaya herregistrasi dibuktikan dengan Slip Pembayaran.

2. Pendaftar telah melakukan registrasi dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa.

3. Ketentuan pengembalian dana bagi mahasiswa yang mengundurkan diri :

a) Mahasiswa yang mengundurkan diri, karena diterima di PTN (jalur SNMPTN dan SBMPTN) serta Politeknik/Poltekes Negeri mendapatkan pengembalian dana 100% SPP, PKMU* dan Fortama*.

b) Mahasiswa yang mengundurkan diri diluar huruf a mendapatkan pengembalian dana 50% (SPP, PKMU*, dan Fortama*).

c) Khusus untuk Fakultas Ilmu Kesehatan, mahasiswa yang mengundurkan diri mendapat pengembalian dana 25% (DPP, SPP, Seragam, Tes Kesehatan, PKMU* dan Fortama*).

d) Khusus untuk jenjang S2, mahasiswa yang mengundurkan diri mendapat pengembalian dana 100% SPP.

*) dikembalikan jika belum mengikuti kegiatan tersebut

4. Menyerahkan persyaratan pengunduran diri, antara lain:

a) Surat pernyataan pengunduran diri;

b) Formulir herregistrasi;

c) Bukti pembayaran biaya herregistarsi;

d) Bukti diterima di PTN (jalur SNMPTN dan SBMPTN) serta Politeknik/Poltekes Negeri.

5. Batas waktu pengunduran diri:

a) Jenjang S1, D4 dan D3 : Tanggal 30 September 2019

b) Jenjang S2                      : Tanggal 31 Oktober 2019

6. Pengunduran diri setelah batas waktu diatas, masih bisa dilakukan tetapi tidak ada pengembalian dana yang telah dibayarkan.

G. FORTAMA (FORUM TA’ARUF MAHASISWA) DAN AWAL PERKULIAHAN

1. Mahasiswa yang dinyatakan diterima dan telah melakukan herregistrasi wajib mengikuti orientasi dalam Forum Ta’aruf Mahasiswa (Fortama).

2. Pembekalan Fortama dilaksanakan tanggal 6 September 2019.

3. Fortama dilaksanakan tanggal 07 – 08 September 2019.

4. Forum Ta’aruf Orang Tua Mahasiswa dilaksanakan tanggal 08 September 2019.

5. Awal perkuliahan semester ganjil tanggal 09 September 2019.

H. PINDAH PROGRAM STUDI

1. Mahasiswa baru yang telah melakukan herregistrasi dan ingin pindah program studi membuat surat permohonan kepada Wakil Rektor III.

2. Perpindahan program studi bisa dilayani dengan mempertimbangkan nilai tes TPA dan kuota program studi yang akan dimasuki.

3. Biaya perpindahan program studi ditentukan sebagai berikut:

a) Lintas program studi antar fakultas: Rp1.500.000,-

b) Lintas program studi dalam satu fakultas: Rp1.000.000,-

c) Pindah waktu belajar:

c.1. Kelas Pagi ke Sore : Rp500.000,-

c.2. Kelas Sore ke Pagi : Rp0,-

 

Related Post

tes

March 21, 2018
  1. oke

Comments are closed.